MAKING OF THE EXCELLENT TEAM : MENGELOLA PERBEDAAN MENJADI KEUNGGULAN


Judul

MAKING OF THE EXCELLENT TEAM : MENGELOLA PERBEDAAN MENJADI KEUNGGULAN  

No. ISBN

9789792915723 

Penulis

Jusak Soehardja 

Penerbit

Andi

Tahun terbit

 2011 

Jumlah Halaman

142 

   
   
   
   

Call number 155.25 Soe m-3

  making4.jpg

Buku ini membahas tentang bagaimana cara bekerja dalam tim .Buku ini juga membahas tentang kepribadian sesorang yang menjadi anggota tim .Sang penulis  Jusak Soehardja  menguraikan dalam lima bagian

KELOLA PERBEDAAN,DAYA GUNAKAN KEUNGGULAN

             Anda harus mengetahui perbedaan cara kerja tiap individu .Setelah itu anda harus bisa menemukan keunggulan dari perbedaan itu.Setiap orang memiliki keunggulan yang berbeda dan anda harus bisa memaksimalkan keunggulan itu agar dapat terbentuk sebuah tim yang kuat.

 

EKSTROVERT DAN INTROVERT

    Seorang introvert lebih senang dengan lingkungan pribadi.Orang introvert memerlukan waktu untuk sendiri.Mereka cepat merasa lelah jika bertemu dengan banyak orang.Jika sendirian orang introvert justru lebih produktif atau dalam keadaan yang terbaik untuk berpikir.Yang mereka harus lakukan agar tim menjadi kuat adalah dengan mendorong diri untuk lebih banyak bicara dengan orang lain pada saat yang tepat.

              Sebaliknya orang ekstrovert justru senang jika bertemu dengan banyak orang.Mereka sangat suka sekali berbicara,tetapi jika terlalu banyak berbicara itu akan berdampak negative terhadap kekompakan tim.Yang harus mereka lakukan adalah lebih banyak memberikan kesempatan orang lain untuk bicara dan jangan memotong pembicaraan orang lain sebelum orang tersebut selesai berbicara.

 

PRACTICAL DAN CREATIVE

      Orang practical adalah orang yang berorientasi pada hal yang mereka dapat kerjakan saat itu.Mereka nyaman dengan suatu pola pekerjaan.

Kelemahan mereka adalah kurang terbuka pada ide dan cara cara baru

Karena itu orang practical perlu berpikir ulang untuk meningkatkan kinerja tim.Mereka harus tetap terbuka akan ide dan perubahan walaupun kurang nyaman dengan itu.

             Orang kreatif suka berkhayal,suka memikirkan masa depan.Mereka senang untuk berkhayal terutama mimpi-mimpi dan cita-cita yang mereka inginkan.Mereka dapat dengan mudah memikirkan hal abstrak untuk masa depan.Karena itu,mereka dapat dengan mudah menerima perubahan.

Orang kreatif memerlukan tantangan,argumen untuk mempertajam idenya.Mereka membutuhkan dorongan untuk mencari ide yang positif.

      ANALYTICAL ORIENTED DAN BELIEF ORIENTED

                Orang analytical oriented menggunakan analisisnya untuk membuat keputusan.Ia mencoba memahaminya melalui sebab akibat lebih dulu.Ia mengesampingkan emosinya agar keputusannya lebih fair.Seorang analytical mungkin amat sulit menerima pengalaman satu orang saja.Ia perlu banyak pengalaman dan banyak masukan untuk memutuskan.Seorang analytical harus mempunyai open door policy,terbuka melihat nilai-nilai yang mendorongnya mengambil keputusan,bukan hanya dari masalah sebab akibat,tetapi lebih pada value yang disodorkan.

                Orang belief oriented memakai nilai yang dimilikinya untuk membuat keputusan.Mereka mempunyai suatu maksud yang melampaui analisis matematis.Dalam membuat keputusan,mereka lebih memikirkan hal yang bernilai daripada resiko untung rugi semata.Ia lebih mengutamakan caranya,keyakinan,nilai-nilainya dalam membuat keputusan.

STRUCTURED DAN FLEXIBLE

           Sang structured suka membuat rencana dan mengerjakannya.Ia tidak merasa nyaman dengan tindakan secara spontan.Ia lebih suka tindakan yang rapi dan teratur.Apabila sang structured sudah membuat rencana,ia dapat bekerja dengan cepat dan mengesampingkan gangguan-gangguan.Seorang structured perlu menerima surprised dan hal yang tidak rapi.Mereka harus dapat memilih mana hal-hal yang harus sesuai rencana dan rapi dan mana yang dapat dibiarkan.

           Sang fleksibel lebih suka beradaptasi pada perubahan dan apa yang ia hadapi.Sang fleksibel adalah orang yang result oriented.Mereka lebih mengutamakan hasil daripada proses.Orang fleksibel sering mengambil keputusan atau menyelesaikan sesuatu last minute.      

      

No Comments

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment


wulan blog Unair is proudly powered by WordPress and themed by Mukkamu end Archived by WPT